Jangan Asal Sering Keramas

Kulit kepala berminyak, boleh keramas setiap hari. Pijatan juga boleh dilakukan, namun jangan terlalu lama dan keras, karena dapat menstimulasi kelenjar minyak. Yang perlu diperhatikan adalah zat pembersih aktif yang terkandung didalamnya. Jangan menggunakan shampoo 2 in 1 karena conditioner yang tekandung didalamnya dapat menyebabkan rambut cepet lepek. Pakailah conditioner yang ringan secara terpisah dan hindarkan dari kulit kepala.

Bila kulit kepala berminyak, tapi ujungnya rambut kering, boleh dicuci setiap hari tapi tidak disarankan menggunakan shampoo 2 in 1. Gunakan saja shampoo untuk rambut normal. Ketika keramas, fokuskan pada bagian kulit kepala. Aplikasikan conditioner untuk rambut kering hanya dibagian ujung rambut (jangan sampai ke akar) dan diamkan beberapa saat. Makin lama makin baik, agar terserap sempurna ke dalam kutikula rambut.

Sebab kenapa rambut Bermasalah:

Faktor EKSTERNAL
  • Perawatan yang salah (seperti salah memilih jenis shampoo, conditioner, creambath masker rambut, produk styling rambut, atau terlalu sering/jarang keramas.
  • Proses kimia (pewarnaan, pengeritingan, pelurusan) dan atau proses kimia yang sesudahnya tidak dibarengi perawatan yang benar.
  • Kelembaban dan kebersihan udara juga sangat berpengaruh. Lingkungan yang panas, kotor, dan berdebu membuat kulit kepala lekas berminyak dan rambut jadi lepek, yang pada akhirnya bisa memunculkan ketombe.
  • Gaya hidup yang tidak sehat, setiap pola makan salah dan tidak teratur, atau jarang berolahraga sehingga sirkulasi darah tidak lancar.
Faktor INTERNAL
  • Genetis atau keturunan
  • Perubahan hormon. Misalnya, saat hamil atau habis sakit keras, rambut cenderung banyak yang rontok.
  • Asupan makanan. Kurang konsumsi protein dan vitamin E membuat kulit kepala menjadi sensitif. Untuk rambut berminyak/manis-manis (berkalori tinggi).
  • Stres. Karena, dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala, bahkan bisa menyebabkan rambut rontok.
Note:
Ini adalah postingan cindi yang udah lama (setahun yang lalu, masih pake domain www.duniacindi.com), berhubung skrg cindi pake blogspot, cindi posting ulang.

No comments:

Post a Comment